Rabu, 09 Mei 2012

Tips dan trik aman menggunakan iPhone untuk pemula

Sekarang ini siapa yang tidak tahu gadget unggulan keluaran dari Apple yakni iPhone. Dimana para pemakai akan dimanjakan oleh fitur-fitur canggih sehingga akan merasa dunia di dalam genggaman. Lambat laun kemungkinan Anda akan meninggalkan notebook dan kamera digital dan beralih di gadget ini. Banyak hal yang dapat di kreasikan atau dikembangkan dalam iPhone, Anda dapat video chat dengan teman di FaceTime, Anda dapat menghabiskan berjam-jam di jaringan sosial, dan Anda bahkan dapat merobohkan sebuah tembok besar dengan Angry Bird. Hehehe.

Disini ada beberapa tips dan trik aman menggunakan iPhone untuk pemula:

1. Hindari kecanduan Aplikasi.
Apa hal pertama yang biasa dilakukan oleh para pemilik iPhone baru?? Tentu saja mereka akan mendownload ribuan aplikasi. Banyak pilihan aplikasi yang bisa didownload baik aplikasi gratis ataupun yang berbayar. Sekarang dengan sistem IOS terbaru Anda dapat men-download aplikasi lebih banyak dimana akan memakai space lebih sedikit pada iPhone Anda.


Kebanyakan pemilik iPhone akan memberitahu Anda, bahwa mereka telah menghapus  aplikasi lebih dari yang mereka miliki di ponsel mereka. Ingat, folder game (atau folder apapun) hanya bisa menampung 12 aplikasi, meskipun Anda dapat memiliki folder permainan ganda. Masalah lain dengan memiliki aplikasi terlalu banyak pada iPhone Anda, adalah ketika Anda melakukan update rutin di App Store. Anda mungkin menemukan diri sendiri di ruang tunggu virtual sebagai sekelompok aplikasi pembaruan melalui 3G.
Itu tidak berarti bahwa tidak ada beberapa aplikasi yang sangat penting yang harus Anda download segera. Lihat daftar dari 15 aplikasi wajib buat iPhone seperti Siri, Instapaper, dan CNN. Salah satu aplikasi yang tidak ada dalam daftar tetapi seharusnya adalah Dropbox. Aplikasi ini adalah folder file gratis di awan, yang berarti Anda dapat mengakses file dari perangkat manapun dengan koneksi internet, seperti iPhone, iPad, PC atau Mac.

2. Menghemat dalam pemakaian baterai

Jika Anda pemakai iPhone baru, hal pertama yang akan Anda perhatikan adalah bahwa masa pakai baterai akan terasa singkat. Sementara batterai iPhone 4 jauh lebih baik dari model iPhone sebelumnya. Anda harus diisi setiap hari, dan mungkin lebih dari itu.
Setelah Anda menjadi ketergantungan terhadap iPhone, baterai yang mati akan menjadi seperti seorang sahabat meninggalkan Anda disaat yang dibutuhkan.
Banyak trik membantu menghemat masa pakai baterai iPhone.
Pertama, Anda harus membuat presentase hidup baterai yang tersisa muncul di sebelah ikon baterai pada sudut kanan atas layar iPhone. Untuk melakukannya tekan Settings - General - Penggunaan - Aktifkan Presentase Batterai.
Selanjutnya, menonaktifkan fitur seperti Wi-Fi, Pemberitahuan dan Layanan lokasi sampai Anda siap untuk menggunakannya. Aplikasi ini menjangkau sinyal 3G dan mengkonsumsi daya yang besar.
LCD adalah masalah terbesar batterai. Saya merekomendasikan menyalakan kecerahan otomatis. Lakukan dengan cara masuk ke Settings - Brightness - Aktifkan Auto-Brightness. Jangan lupa untuk mematikan Auto-Brightness ketika menonton film di iPhone 4, atau film akan terlihat gelap.
(Sebuah siklus charge mencakup seluruh kapasitas baterai Misalnya,. Jika Anda terkuras sepertiga dari baterai dan diisi ulang, dan kemudian menggunakan dua pertiga dari baterai pada hari berikutnya dan diisi ulang, ini masih akan dianggap sebagai satu biaya siklus.)

3. Hindari musuh utama dari iPhone : Air


Air akan membunuh iPhone lebih cepat dari senjata Clint Eastwood seperti pada film Harry Potter. Dan yang lebih buruk lagi bahwa Apple memiliki cara untuk mengetahui jika iPhone telah mengalami kerusakan akibat terkena cairan yang menyebabkan hangus masa garansi.

Jika air adalah musuh utama iPhone, kemudian musuh selanjutnya iPhone adalah beton atau lantai. Karena iPhone 4 ini sangat rentan terhadap kerusakan pada kaca. Ada beberapa alasan untuk ini. Sebagai permulaan iPhone 4 memiliki kaca di depan dan belakang. Dan lebih penting lagi bahwa kaca iPhone 4 meluas ke tepi telepon. Sehingga ketika terjatuh pada sebuah beton kemungkinan akan menghacurkan kaca karena kaca secara langsung mengambil dampak. Kaca pada iPhone 4 juga sangat keras, yang membuat lebih mudah patah.
Solusi untuk permasalahan ini adalah, beli pelindung iPhone. Apple berhenti menjual pelindung layar karena layar pada iPhone 4 sangat riskan untuk tergores. Atau Anda bisa lebih sadar saat memegang iPhone 4.

4. Hati-hati dengan kabel


Kabel konektor pada iPhone sangat tipis sehingga harus lebih hati-hati dalam penanganannya. Jangan menarik kabel saat memutuskan sambungan dari stopkontak listrik atau port USB. Meskipun Anda sudah melakukannya dengan hati-hati, Anda mungkin harus membeli kabel yang baru setiap tahun.

5. Trik Screenshot

Dengan menekan tombol home dan tombol on-off pada sat yang sama akan mengambil screen shot yang dishpan dalam kamera. Mungkin fitur ini tidal terdengar sancta berguna, tapi anda akan terkejut seberapa searing screen shot akan menolong. Juga pada Safari, Anda dapat menekan dan tahan gambar untuk menyimpannya.

6. Sisakan cukup untuk memory bebas

Anda akan terkejut seberapa cepat memory Anda penuh, terutama jika Anda seorang penggemar film pada iPhone. Menyewa film di itunes juga dapat mengambil beberapa space memory. Tinggalkan setidaknya seperempat dari ruang memory untuk menangani lonjakan penggunaan memori. Ini akan mencegah hang pada aplikasi ataupun browser.

7. Hindari charger baterai dari mobil

Pengisian daya iPhone pada charger mobil bisa mendapatkan pengisian yang sedikit. Kebenaran adalah, 12 sistem kelistrikan mobil volt ini tidak dirancang untuk mengisi daya dan dapat merusak papan logic pada iPhone. Jika Anda tetap ingin menggunakan mobile charging, gunakan merk-merk ternama yang memiliki sekering yang lebih baik untuk melindungi iPhone.

8. Setting Password




Aturan paling dasar dari keamanan iPhone adalah dengan menyetel kata sandi pada iPhone. Dimana ketika suatu saat Anda meninggalkan iPhone Anda di tempat umum, atau hilang di bandara, Anda akan sedikit lega karena tidak ada yang dapat mengakses data pribadi Anda. Untuk mengatur sandi tekan Settings - General - Passcode Lock.

1 komentar:

ishakjaqob mengatakan...

Infonya sangat berguna sekali buat pemula seperti saya.
Tapi sayang yah, iPhone 6 Plus berada diurutan terakhir dari 8 smartphone dengan daya tahan baterai terbaik

8 Smartphone Powered Best Battery Life