Selasa, 08 September 2009

Overlock Sistem Intel

Overlock komputer berbasis intel hingga seri Core 2 Duo tergolong cukup sederhana. Sebab, sejak awal kemunculannya Intel menerapkan sistem FSB (Front Side Bus) dimana bagian ini adalah kunci utama dalam melakukan overlock.
Sebelumnya telah dijelaskan mengenai bagaimana Anda mendapatkan kecepatan sebuah processor dimana clock processor didapat dari perkalian antara FSB dengan faktor pengali processor. Atau yang lebih dikenal dengan istilah multiplier. Untuk mengubah clock processor dapat dilakukan dengan dua cara yakni dengan cara mengubah nilai FSB atau dapat pula dengan mengubah nilai multiplier. Untuk processor dengan versi retail, intel hanya mengijinkan perubahan multiplier ke bawah sehingga praktis untuk menaikkan clock processor hanya dengan menaikkan nilai FSB.

CPU Clock = FSB x Multiplier
Misalnya FSB = 450
Multiplier processor = 8
Maka clock processor adalah:
450 x 8 = 3600MHz atau 3,6GHz.

Frekuensi memori didapat dari perbandingan antara FSB dengan bus memori. Perbandingan ini lebih dikenal dengan istilah divider. Divider yang umum terdapat pada mainboard adalah 1:1, 1:2, 4:3, 5:6. Angka pertama merupakan faktor pembagi nilai FSB sedangkan angka kedua adalah faktor pengali dari hasil pembagian FSB. Untuk lebih jelasnya mari Anda lihat pada contoh berikut:

Frekuensi memori =
FSB : DRAM
Misalnya FSB = 333
Divider memori = 5:6
Maka kecepatan memori=
333 x 6/5 = 400MHz

Dalam penulisan di BIOS jarang sekali ditemui produsen langsung menuliskan angka perbandingan tersebut. Pada BIOS umumnya angka perbandingan tersebut ditulis dalam bentuk FSB/Bus memori sebagai contoh untuk perbandingan 1:1 umumnyaditulis 333/667, 5:6 ditulis 333/800 dan sebagainya.
Dalam hal overlock memori, dikenal dua istilah untuk mode kerja memori yakni syncronous dan asyncronous. Mode syncronous berarti memori bekerja sesuai dengan nilai FSB atau bekerja pada mode 1:1. Sedangkan untuk mode asyncronous berarti memori pada frekuensi yang tidak setara dengan FSB (umumnya lebih tinggi), artinya selain 1:1 maka memori bekerja pada mode asyncronous.
Sebelum Anda menaikkan FSB, Anda bida disable CPU Feature kecuali clock multi processing.

0 komentar: