Kamis, 06 Oktober 2011

Waspada buat para pemakai Android, ada software berbahaya !!

Waspada buat para pemilik Android ! Ada software berbahaya !!. Sebuah aplikasi berbahaya telah menyamar di sistem operasi Android, sebagai versi gratis, yang dapat mencuri data dan mengirim spam pesan text, juga peringatan yang mengancam user jika user tidak membayar aplikasi tersebut, ungkap Symantec. Aplikasi tersebut ada di situs sharing file di Amerika Utara dan Asia yang dikenal sebagai clearinghouse untuk software bajakan, yang disebut Walk and Text. Software Walk and Text ada di Android Market dengan harga $1.53, yang menggunakan sebuah camera untuk memudahkan user apa yang ada di depan mereka ketika mereka berjalan sambil menulis pesan text. Walaupun begitu, aplikasi yang berlabel versi 1.3.7 ini sesungguhnya tidak ada, menurut postingan blog Symantec.

Sekali aplikasi palsu, dimana Symantec memberinya nama sebagai “Android.Walkinwat”, sudah banyak user yang men-download-nya, dan sudah menjalankannya. Software tersebut menampilkan sebuah dialog box dimana sebenarnya aplikasi tersebut dalam proses ‘merusak’ system. Di balik layar, aplikasi ini mencari data sensitif, termasuk username, nomor telepon, dan ID unik, juga berusaha mengirimnya ke sebuah server eksternal, tambah Symantec.

Aplikasi ini juga mengirimkan sebuah pesan text ke semua nomor telepon yang tersimpan di telepon, dengan isian “Hey, just downloaded a pirated App off the Internet, Walk and Text for Android. Im stupid and cheap, it costed only 1 buck.Don’t steal like I did!”. Aplikasi tersebut juga menampilkan pesan yang berisi “Application Not Licensed”, dan peringatan “We really hope you learned something from this. Check your phone bill;) Oh and don’t forget to buy the App from the Market”. termasuk sebuah tombol untuk membeli aplikasi tersebut atau keluar.

3 komentar:

Riefna mengatakan...

Pertamax dulu Kang..

Akang..kalo nunggu release "ce cream"-nya android trus update, kira-kira pengaruh gak buat gadget kita

Anonim mengatakan...

nice impoh kang. ane download yg gratisan terus dari market, blom prnh nyoba yg bayar. :ngakaks

Rangga Permana mengatakan...

@Riefna: Sepertinya tetep ada pengaruhnya kali ya.. :)

Iya yang penting ati2 aja gan... heheheh