Selasa, 21 April 2009

Kaspersky Lab: Kido Berubah Wujud!





Kaspersky Lab ditengarai telah mendeteksi sebuah modifikasi baru dari Kido (virus jaringan yang juga dikenal sebagai Conficker).

Varian terbaru ini berbeda dari yang sebelumnya karena ia menambah fungsi Trojan yang ada pada versi program berbahaya yang sebelumnya. Worm Kido tersebut memiliki fungsi pengunduh Trojan, yang berarti ia mengirimkan program berbahaya untuk menginfeksi komputer.

Net-Worm.Win32.Kido.ip, Net-Worm.Win32.Kido.iq, dan varian lainnya adalah bentuk modifikasi terbaru dari Kido. Varian tersebut dapat mencegah fungsi produk antivirus pada mesin yang terinfeksi.

Varian baru dari program berbahaya ini juga menambah jumlah nama domain yang unik yang dapat mengunduh update harian. Yakni berjumlah 50.000 berlawanan dengan 250 (dihasilkan oleh versi sebelumnya). "Sejauh ini, versi baru Kido tidak menunjukkan ancaman yang mewabah," kata Vitaly Kamluk, (ahli antivirus senior). "Bagaimanapun, jika versi Kido yang sekarang digantikan oleh varian yang terbaru, akan sangat sulit untuk memerangi pembuat program berbahaya ini," imbuh Vitaly.

Namun demikian, Kaspersky Lab menganjurkan agar semua pengguna menginstall update keamanan sistem operasi yang relevan melalui http://www.microsoft.com/technet/security/Bulletin/MS08-067.mspx. Sebuah solusi antivirus dengan database yang up-to-date dan sebuah firewall yang benar diyakini akan mampu mencegah infeksi. Pengguna produk antivirus Kaspersky Lab yang telah menginstall update keamanan yang dikeluarkan oleh Microsoft pastinya sudah terlindung dari Kido.





0 komentar: